Tuesday, May 28, 2013

Inilah Negara Pemberi Utang Terbesar di Dunia

Jepang adalah negara kreditor terbesar di dunia selama 22 tahun berturut-turut hingga 2012. Jumlah piutang luar negeri bersih Jepang per akhir tahun lalu berdasarkan data pemerintah negara itu mencapai 296,3 triliun yen atau setara 2,9 triliun dollar AS.
Setelah Jepang, pemberi utang terbesar kedua di dunia adalah China daratan di posisi kedua dan Jerman di posisi ketiga. Negara-negara ini tercatat sebagai pemberi utang utama bagi negara lain, baik melalui pinjaman langsung maupun pembelian surat utang.



Jumlah pinjaman yang diberikan negara ini semakin menggelembung seiring dengan penguatan dollar AS terhadap yen. Pelemahan yen berarti aset dalam mata uang yang lain, seperti dollar AS, akan bernilai lebih tinggi bila dihitung dalam yen.
Tsuyoshi Nakazawa, analis investasi asing untuk Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities di Tokyo mengatakan "Pengaruh nilai tukar hanya memberikan dorongan sementara”. Dia menyatakan, posisi Jepang sebagai kreditor utama akan sangat tergantung pada daya saing ekonomi dan pola konsumsi energi. Menurutnya, Jepang hidup dari warisan yang ada sekarang.



Berikut adalah lima negara pemberi utang terbesar di dunia (dalam satuan Milyar US$ ):
Negara Pemberi Utang
sumber
 

No comments:

Post a Comment